Pendidikan Agama Pada Anak di Usia Dini

20 Feb

Mengapa Memberikan Pendidikan Agama Pada Anak di Usia Dini Sangat Penting?

Pendidikan Agama Pada Anak di Usia Dini“Mendidik anak sedari kecil adalah ibarat mengukir di atas batu.” Sabda Nabi saw tersebut sangat tepat untuk menggambarkan pentingnya mendidik anak sedini mungkin. Anak yang masih kecil, mendidiknya membutuhkan kesabaran karena harus terus mengulang-ulang konsep yang hendak ditanamkan. Namun begitu konsep tersebut sudah masuk, maka ia akan tertancap dengan kuat di sana, sulit hilang seperti ukiran di atas batu.

Kehadiran anak yang mampu memberikan kebahagiaan keluarga adalah semata-mata merupakan karunia Allah, dan kita wajib mensyukurinya. Anak hanya akan terlahir dari pasangan suami istri manakala Allah menciptakan anak tersebut dan berkehendak untuk menciptakan dan tidak berkehendak untuk mengaruniakan kepada sebuah pasangan suami istri, mereka tak akan menghasilkan keturunan untuk selama-lamanya. Maka bagi pasangan suami istri yang mampu melahirkan anak, hendaklah menyadari betul bahwa anaknya itu semata-mata merupakan karunia Allah SWT. Inilah alasan betapa pentingnya memberikan pendidikan agama pada anak di usia dini.

Pendidikan Agama Pada Anak di Usia Dini

Proses perkembahan rohani seorang anak di tumbuhkembangkan sejak dari rumah. Pendidikan Agama Pada Anak di Usia Dini memang diajarkan sedini mungkin di sekolah. Meskipun anak – anak tidak mengerti berdoa , berkata – kata terhadap sesuatu pribadi yang tidak kelihatan langsung, tetapi sikap berdoa itu mungkin yang perlu diajarkan. Disekolah guru mengajarkan sikap berdoa yang hormat dan dilatih untuk maju ke depan memimpin doa secara bergiliran agar anak tidak merasa minder.
Sebaiknya jangan sekali-kali menertawakan anak bila anak salah mengucapkan doa, sebab celaan akan menyebabkan anak tidak mau memimpin doa lagi.Ajari anak – anak yang polos selalu berdoa dengan kejujuran, hati nya merasa dikuatkan dan anak akan lebih berani untuk mengucapkan doa, meskipun dengan kesalahan – kesalahan yang harap untuk dimaklumi.
Memberikan Pendidikan Agama Pada Anak di Usia Dini pada  hakekatnya merupakan usaha nyata dari pihak orang tua dalam rangka mensyukuri karunia Allah SWT serta mengemban amanat-Nya, Sehingga anak tetap menjadi sumber kebahagiaan, mampu menjadi penerus keturunan yang baik, mampu menjadi pelestari pahala setelah pihak orang tua meninggal dunia dan mampu menjadi manusia yang mandiri. Usaha nyata pihak orang tua dimaksud adalah mengembangkan totalitas potensi yang ada pada diri anak. Potensi anak secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu potensi rohaniah dan potensi jasmaniah. Potensi rohaniah meliputi potensi pikir, potensi rasa dan potensi karsa, sedangkan potensi jasmaniah meliputi potensi karsa dan potensi sehat. Dalam pandangan Islam, potensi rohaniah anak telah didasari oleh potensi fitrah Islamiah. Maka usaha pengembangan  potensi ini tidak boleh tidak harus diutamakan agar dapat menjadi landasan bagi tumbuh kembang potensi yang lain, dan hendaklah dilaksanakan secara  nyata oleh orang tua dengan Memberikan Pendidikan Agama Pada Anak di Usia Dini masing-masing potensi yang ada pada diri anak dapat tumbuh dan berkembang secara wajar, selaras dan seimbang.

Peranan Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Agama Pada Anak di Usia Dini

Mengajarkan pada anak bahwa doanya akan di kabulkan Allah SWT bila apa ? misal jika anak itu sakit lalu memohon pada Allah SWT untuk di sembuhkan dan memang ia sembuh , itu berarti doannya dikabulkan. Memberikan Pendidikan Agama Pada Anak di Usia Dini Anak diajarkan untuk selalu bersyukur dan berterima kasih.Dengan demikian anak tau bahwa penting menjaga keseimbangan dalam hidup, selain perlu membangun hubungan dengan sesama iapun akan menyadari pentingnya berkomunikasi dengan sang pencipta seluruh sekalian alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: